Untuk memahami secara utuh ulasan disini, silakan baca terlebih dahulu artikel pengantar nya di: Ide Brilian Ada, Dikerjakan Sudah. Tapi Kenapa Tetap Gagal?

Research Methods

Penjelasan tentang kedua metode ini, sumber literatur nya diambil dari BINUS Creates, lembaga studi riset dari BINUS University Jakarta, yang mana penulis pernah pelajari langsung dari para pengajar lembaga tersebut.

Qualitative

Berikut langkah-langkah yang perlu dikerjakan jika memilih Qualitative sebagai cara kita mengerjakan research.

Qualitative Research Process

Seperti apa sih Research Question yang baik? Ini dia :

This slideshow requires JavaScript.

Bagaimana cara-cara mengumpulkan data (Data Collection) yang baik dan benar? Ini dia.

Data Collection

Referensi tambahan tentang Quantitative Research bisa dilihat-lihat disini: sciencedirect.com/topics/social-sciences/qualitative-method

Quantitative

Quantitative umumnya banyak dipakai oleh mahasiswa kuliah S1 ataupun S2 dalam mengumpulkan dan mengolah data sebagai kebutuhan penelitian skripi atau tesis, seperti membuat kuesioner, survey poll, dsb. Jumlah minimum sample harus dicapai untuk memenuhi kuota dan kriteria dari kuantitatif nya sebuah riset / penelitian. Standar dari jumlah minimum sample ini bervariasi.

Referensi tambahan tentang Quantitative Research bisa dilihat-lihat disini: sciencedirect.com/topics/social-sciences/quantitative-research

Challenge Based Learning

Buat yang merasa dua metode penelitian tadi langkah-langkah nya terlalu banyak dan sulit dipahami dalam waktu singkat, kamu bisa menggunakan metode lainnya yang lebih ringkas dan applicable. Yaitu Challenge Based Learning (CBL) dari The Challenge Institute, Lembaga Pendidikan yang merancang framework belajar riset yang baik dan sesuai kebutuhan Abad 21 bekerja sama dengan Apple Classroom of Tomorrow (ACOT) dari Apple, Inc.

CBL

CBL memberikan framework yang komprehensif dalam mengerjakan research, mulai dari tahap Engage -> Investigate -> Act.

Fyi, penulis sudah mempelajari dan mempraktekkan langsung Research & Development (R&D) menggunakan CBL ini selama 8 bulan (tahun 2019) di Apple Developer Academy.

This slideshow requires JavaScript.

Rincian dan cara melakukan tahap research, mulai dari Engage, Investigate hingga Act dijabarkan dengan jelas pada slideshow image diatas, yang juga bisa di akses secara lengkap di laman web challengebasedlearning.org/framework/.

Seperti mempersiapkan Satu Pertanyaan Kunci berdasarkan Big Idea yang ditetapkan. Lalu tentukan tantangan / challenge apa yang akan dikerjakan, panggilan untuk beraksi yang ditimbulkan dari Pertanyaan Kunci tadi.

Berikutnya siapkan daftar pertanyaan penuntun yang membantu memecahkan jawaban atas tantangan, siapkan sumber-sumber dan aktivitas yang berkaitan dengan daftar pertanyaan penuntun tersebut supaya bisa berhasil ditemukan jawabannya. Dan hasil temuan jawaban-jawaban tersebut kemudian disusun dan dipetakan ke dalam sebuah kesimpulan yang obyektif dan kesimpulan tersebut akan dijadikan sebagai dasar pembuatan konsep solusi yang akan digarap pada tahap Act.

Pada tahap Act kita musti menyelesaikan konsep solusi, lalu pengembangan solusi secara konkret, implementasi hasil pengembangannya, evaluasi hasil implementasi nya dan seterusnya, dan seterusnya.

Untuk mempelajari CBL lebih dalam dari sumbernya langsung dapat membuka situs web resmi Challenge Based Learning di challengebasedlearning.org


Riset Bukan Cuma ‘Punya’ Akademisi dan Ilmuwan

Jangan sampai ada stigma atau paradigma yang mengklaim bahwa riset / penelitian itu cuma bisa dilakukan oleh akademisi dan ilmuwan, yang strata pendidikannya sangat tinggi. Riset itu penting untuk kita garap dalam berbagai kebutuhan kita. Riset yang dikerjakan dan yang dihasilkan pun tujuannya bukan menjadi sekedar koleksi jurnal/buku di perpustakaan yang berdebu dan terabaikan di rak-rak buku dan di archive website. Itu tidak artinya, lebih baik tidak usah riset sama sekali kalau memang dari awal tidak ada tujuan pemanfaatannya. Maka akademisi dan ilmuwan yang melakukan riset juga harus sadar akan kondisi tersebut.

Kamu berkarir di perusahaan / korporasi bisa melakukan riset untuk pengembangan jasa atau produk perusahaan tersebut.

Kamu yang bekerja sebagai entrepreneur / businessman yang gemar menangkap peluang-peluang di berbagai situasi, situasi baik maupun situasi buruk seperti pandemi global. Lakukan riset yang utuh dan tekun dalam memformulasikan, memvalidasi ide peluang tersebut, sehingga bisa menjadi sebuah produk atau solusi yang mencerahkan dan memberi manfaat, keuntungan bagi banyak orang dan tentunya memberikan dampak yang menguntungkan finansial dan ekonomi bisnis mu, mensejahterakan diri dan pegawai yang ikut bekerja. 

Research Awareness

Kesadaran Riset / Research Awareness di masyarakat, masyarakat Indonesia terutama, bisa memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan peradaban dan budaya Bangsa Indonesia.

Indonesia bisa menjadi negara produsen besar dunia sekaligus negara mahir teknologi seperti Japan, USA, China, UK, Germany, South Korea, dll jika mendasarkan produktivitas dan kerja hariannya pada riset.

Riset yang tidak harus kompleks dan masif, cukup memulai dari yang sederhana dan berskala kecil, sesuai kebutuhan dan kapasitas diri kita. Andalkan dulu diri sendiri dan rekan-rekan yang bisa kita percaya dan andalkan untuk mencapai ambisi dan impian kita.

Bermodalkan skill yang ada dan terus diasah serta kemampuan melakukan riset yang baik, jangan ragu untuk mengimplementasi dan mengeksekusi solusi dari hasil riset tersebut. Walaupun bisa saja belum berhasil, tapi kualitas solusi/produk nya akan lebih baik daripada solusi/produk yang dikerjakan tanpa riset. Titik kekurangan dan kesalahannya pun lebih mudah ditemukan, karena pemetaan solusi sudah jelas dan data hasil riset bisa kita andalkan untuk misalnya perlu melakukan pivot (ubah haluan model bisnis). Tidak sembarangan pivot, karena ada dasar data nya. Riset pun dilakukan tidak cuma satu kali, tapi bisa berulang kali sesuai dinamika yang ada di lapangan.

Kerjakan dengan Tekun! Yakin hasilnya Tidak akan Sia-sia! 😃👍

One thought on “Cara Melakukan Riset Untuk Kebutuhan Bisnis, Kreasi, Produk, Dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s