Travel Experience by Mules

Sooo.. buat kamu yg belum pernah jalan-jalan ke Eropa dan pengen banget kesana someday, then kamu musti simak ulasan #TravelNow kali ini yg meliput dan mengulas banyak hal tentang vacation trip di kota romantis – Paris, France.

Thanks to my fellow friend, Mules, dia mau berbagi cerita dan banyak hal tentang pengalamannya yg udah 2 kali keliling Eropa termasuk keliling Paris. Sebelum cari tahu banyak tentang obyek” wisata disana, tips dan tricks, dll, jangan lupa siapin Paspor yg gak kadaluwarsa (buat amannya, masa berlaku Paspormu at least 1-2 tahun sebelum jatuh tempo) dan ajuin Visa Schengen ke kedubes Prancis di Thamrin, Jakarta (sebelah Sarinah). Well then, Check this out!

 

Eiffel – Trocadero – Champs de Mars

Menara Eiffel udah pasti tahu ya, masa ga tahu :)) Harga tiket masuk (HTM) untuk naik Eiffel pake lift sampe puncaknya seharga €25 (Euro).

eiffel

Sedangkan Trocadero dan Champs de Mars adalah kawasan taman dan ruang terbuka publik yang mengelilingi Menara Eiffel. Biasanya cenderung strategis sebagai tempat berburu selfie, fotografi dan instagrammable shots. But, hati-hati ya, disini relatif kurang aman. Banyak copet dan banyak imigran” yang suka maksa kita beli dagangan mereka, kayak jualan kunci, love lock, dsb.

Cathedral de Notre Dame

Gereja Katolik pertama yang didirikan di Kota Paris ini. Untuk gambarnya bisa cek sendiri di google ya :D. Masuknya gratis.

 

Basilica Sacre-Coeur

Obyek wisata gereja katolik yang cukup terkenal juga, selain Cathedral de Notre Dame. Untuk kesana cukup effort, karena harus naik kereta gantung / gondola. Pertama, naik kereta Metro dulu, tujuan stasiun terdekat dari Gondola Sacre-Coeur. Dan setibanya di stasiun Metro tersebut, jalan kaki lagi sekitar 10-15 menit (untuk fisik orang dewasa 20-35 tahun) untuk menuju stasiun Gondola nya.

Berada di dataran yang relatif tinggi di Paris, sehingga obyek ini bisa jadi pilihan ke-2 untuk melihat Paris dari ketinggian, selain lewat Menara Eiffel. Seperti Gereja Katedral de Notre Dame, masuk gerejanya juga gratis.

FYI, deket gereja Basilica Sacre Cour ini, kamu bisa mampir ke obyek hiburan Moulin Rouge. Obyek wisata apakah itu? nantikan aja ulasan khusus nya ya ;D

Museum Louvre

Piramida paling ikonik yg ada di museum du Louvre ini letaknya berada di tengah-tengah kawasan museum atau di teras bagian dalam.

musee-du-louvre-teras-dalam.jpg
Musee du Louvre (Pyramid)

Di dalam piramid tsb disimpan lukisan MONALISA yang asli, lukisan paling legendaris di dunia karya Leonardo Da Vinci. Pada hari-hari kunjungan tertentu, pengunjung yang masuk, GAK BOLEH FOTO LUKISAN MONALISA nya. Alasan persisnya kurang tahu, mungkin untuk menjaga tidak padat dan ramai di titik tersebut, demi menjaga kelestarian dari lukisan legendaris itu :D. HTM nya sekitar €17 (Euro).

Fenomena Kriminal

Belakangan sering terdengar bahwa Paris sudah kurang aman. Banyak perampok dan maling berkeliaran di jalanan kota Paris. Kebanyakan pelakunya adalah imigran yg bermigrasi ke Prancis dari Eropa Timur seperti Rumania, Bosnia, dll. Ini bukan issue isapan jempol, karena dua teman dekat saya (termasuk Mules) yg sudah pernah jalan-jalan ke Paris, menjadi saksi mata aksi kriminalitas disana.

Maka itu, kalau sedang travel ke Paris, harus hati-hati ya! Stay alert! Jaga dompet, tas dan barang-barang berhargamu. Paris isn’t a safe city like Tokyo or Singapore 🙂

Tips

Kalau nongkrong di kafe-kafe Paris, pilihlah teras kafe / bagian outdoor kafe sebagai the best spot. Kenapa? karna budaya urban di Paris yang senang memandang-mandang orang-orang yang lalu-lalang di pedestrian jalan atau jalan raya.

 

Oke segitu aja dulu ulasan travel Parisnya. Nanti masih ada ulasan tambahan lagi tentang Paris: transportasi umum, akomodasi AirBNB nya, wilayah administrasi Paris dan hiburan-hiburan lain,  di artikel yg terpisah. Ciao!

(Mules, ZP)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s