Kalau tahu Malaysia, pasti tahu Kuala Lumpur (KL) dong yah 😀 . Buat kamu-kamu yg sedang / akan berkunjung ke kota terbesar dan termodern di Negara Kerajaan Malaya ini, bisa simak beberapa ulasan dan tips dari artikel ini.

Start : KL Airport (KLIA 2)

Saya cuma akan ulas bandara KLIA 2, karena saya belum pernah landing / take off dari/ke KLIA 1 😀 . Perjalanan pesawat terbang dari Jakarta ke KL ditempuh selama 2 jam, dan perbedaan zona waktunya selisih satu jam. KLIA 2 nampaknya hanya diperuntukkan bagi satu maskapai penerbangan low fare andalan Malaysia yaitu AirAsia.

 

KLIA 2 difungsikan sebagai salah satu international hub airport utk wilayah Asia Pasific selain Changi – Singapore dan Suvarnabhumi – Bangkok.

KLIA 2 punya fasilitas yg sangat lengkap, ada :

  • Air mineral gratis di Boarding Area (bentuknya dispenser dan paper cup utk wadah minumnya),
  • Mall,
  • Food court,
  • Kafe, Restoran, mini market,
  • Toko-toko retail branded,
  • Capsule Hotel dan Regular Hotel,
  • Airport Train / Kereta Bandara (menghubungkan ke KLIA 1 dan pusat kota KL),
  • Bus Stations,
  • Travelator, Free Trolley,
  • Dan masih banyak lagi.

 

Transportasi : LRT, MRT, KTM & Monorail

Mau keliling kota, tinggal naik kereta berbasis rel aja. Pilihannya ada 3 : LRT, MRT dan Monorail. Kemudian KTM itu untuk kereta antar kota satelitnya KL, mirip KAI CommuterLine Jabodetabek (Indonesia). Buat yg lebih suka naik bus, juga ada Bus Kota nya yg sudah tersistem dgn baik menggunakan electronic card, namanya Bus Rapid KL.

LRT (Light Rapid Transit)

Naik LRT buat keliling kota ke obyek-obyek menarik di KL. Ke Petaling, Pasar Seni, tempat” perbelanjaan dan termasuk ke KLCC dan Menara kembar Petronas.

 

MRT

Mass Rapid Transit (MRT) jangkauan dan fungsinya di transportasi massal KL hampir sama dengan LRT. Bedanya jalur dan stasiunnya lebih banyak berada di bawah tanah (subway). Tapi di beberapa titik kereta LRT juga lewat jalur bawah tanah, jadi agak membingungkan sih buat saya untuk membedakannya, haha.

 

Integrated Railway Transportation Hub : KL Sentral Station

Stasiun KL Sentral menghubungkan semua moda transportasi berbasis rel yang ada di Kuala Lumpur, sebut aja dari : MRT, LRT, KTM, Airport Train sampai Kereta Antar Negara, atau kalau bahasa malaysia Kereta Antar Bangsa 😀 . Kalau di ibaratkan di Jakarta, fungsinya mirip seperti stasiun kereta di Manggarai, bedanya Manggarai ga memfasilitasi kereta antar daerah; terlalu jauh dari halte Bus Transjakarta jika berjalan kaki dan tidak terintegrasi langsung dengan mall yg modern.

Selain menghubungkan tiap moda kereta, stasiun ini jg dilengkapi Shelter Bus utk hampir segala jenis bus, seperti Bus Kota (Rapid KL), Bus ke Airport dan Bus Wisata (yg ke Genting Highland).

 

unnamed

Monorail

Nah kalo kereta ini lebih kecil dan lebih sedikit kapasitas muatan penumpangnya ketimbang LRT dan MRT. Namanya jg monorel, mono artinya satu. Tapi monorel ini adalah moda kereta yg lebih dulu dibangun dan beroperasi sebelum LRT dan MRT. Jangkauannya hanya keliling kota KL saja.

 

KTM Kommuter

Kereta Kommuter antar kota satelit KL.

 

Cara Memesan Tiket Semua Kereta di KL

Cara pesannya lewat vending machine di setiap stasiun kereta, seperti gambar yg di bawah. Pilih stasiun tujuan (destination), nanti keluar informasi tarif, masukkan uang kertas ringgit dan uang koin cent sejumlah yg tertera, lalu tunggu deh chip tiket nya keluar.

 

Tiket yg dipesan di vending machine ini adalah tiket one trip (sekali jalan). Kalau kartu langganan nya bisa dipesan ke petugas yang ada di area information. Kalau sudah punya kartunya, kartu Rapid KL, bisa top up saldo juga di vending machine.

 

Kuliner : Bukit Bintang & Petaling

Nah, ini untuk urusan makan2nya. Bukit Bintang bisa dibilang sebagai kawasan turis, banyak hotel, belanja oleh-oleh and last but not least, pusat kuliner nya.

Kuliner yg ada di Bukit Bintang sangat lengkap, ada makanan india, duren, sate-sate, makanan khas malaysia tentunya, chinese food, vietnamese foodthai food, tempat minum bir, minimarket-minimarket, dll. Saya aja sampe bingung mau makan apa disana, haha.

Bukit Bintang Culinary Area
Pusat Kuliner Bukit Bintang KL

Di Bukit Bintang, selain kuliner untuk rakyat dan turis budget serta hotel-hotel budget, banyak juga menyajikan mall-mall kelas atas seperti Fahrenheit 88, Isetan, Pavilion, dsb, restoran-restoran mewah, kafe bar kelas atas, dsb dan hotel bintang 5.

 

img_20180318_234333_hdr.jpg
Junction in Bukit Bintang

Lalu kalau Petaling Street, juga menyajikan banyak sekali aneka perbelanjaan, fashion, oleh-oleh dan macam-macam. Disini bisa tawar menawar harga dan barang-barangnya dijamin kw :)) . Trus kalau udah capek belanja bisa nyobain kuliner disini jg, banyak pilihan juga, terutama chinese food dan india food. Tapi agak hati-hati ya kalau makan di petaling, terutama food court nya. Kita ga boleh minum dgn bawa minuman sendiri  dari luar, walaupun udah pesan makan di tempat itu, hahaha.. Pelit banget.

Di dekat Petaling itu, kamu juga bisa mengunjungi Pasar Seni, tinggal jalan kaki aja.

IMG_1613

Mohon maaf ya, gak bisa kasih foto-foto tampilan makanan kuliner yg ada di KL ini. Saya gak gitu hobi foto makanan soalnya, hehe.

Mudah2an kalau ada waktu lebih, saya coba ulas khusus kuliner KL di blog artikel terpisah. Thank u..

 

KLCC & Petronas Tower

Rasanya belum ke KL kalau belum ke landmark kota ini. Yap, Menara kembar Petronas dengan plasa dan tamannya KLCC (Kuala Lumpur Convention Center).

IMG_20180319_205357_HDR

Suria KLCC adalah mal yg tersambung langsung dengan menara petronas dan stasiun MRT. Mal-mal yang ada di KL sebenarnya hampir ga ada bedanya dengan mal-mal kelas atas di Jakarta, jadi gak ada yg unik.

 

Yang terbilang unik dan menarik yg bisa kamu nikmati, ya air mancur dan tamannya KLCC. Kamu bisa jogging juga, mau jogging pagi ataupun jogging malam, terserah, bisa duduk2 santai apalagi kalau yg bawa keluarga/pacar ke KL, selfie/wefie, yg hobi fotografi jg bisa melampiaskan hasrat berfoto ria jg disini, banyak obyek yg bagus. Pokoknya nongkrong hemat dan gratis lah.


So itu dulu sekilas ulasan jalan-jalan di KL yg bisa kamu coba dan explore. Selanjutnya saya akan ulas wisata Malaysia lagi, tapi di daerah yg berbeda yg sangat menarik jg untuk dicoba yaitu GENTING. So stick around 😉


Zer

 

One thought on “#TravelNow Malaysia : K L

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s