Belitong atau Belitung adalah salah satu bagian dari Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang terletak di wilayah Sumatera. Belitung terkenal akan keindahan alam laut dan pantai nya, pulau-pulau kecil yang banyak bertebaran di sekitar pulau besarnya.

Air lautnya sangat bening dan bersih. Dijamin pembaca sekalian pasti pengen balik lagi kesana setelah berlibur sekian hari disana.

Berikut beberapa pantai yang rekomen untuk dikunjungi :

  • Pantai Tanjung Tinggi (Pantainya Laskar Pelangi)
  • Pantai Tanjung Kelayang (Akses ke Pulau Lengkoas, Pulau Burung, Pulau Batu Berlayar, dll)
  • Bukit Berahu
  • Pantai Tanjung Pendem
  • Pantai Pulau Pasir

 

This slideshow requires JavaScript.

Untuk fasilitas di dalam kotanya yaitu kota Tanjung Pandan, tidak seperti di kota-kota besar di Indonesia pada umumnya, Tanjung Pandan minim tenant-tenant terkenal. Kalau berlibur ke Belitung, jangan harap bisa ketemu Mal, Bioskop XXI atau Blitz, Starbucks Coffee, Giant Supermarket, Matahari Dept.Store, dkk. Bahkan minimarket seperti Alfamart, Indomaret dan 7-Eleven pun gak ada sama sekali disana.

Tapi jangan khawatir, soal kopi-perkopian, Belitong punya andalan sendiri yang bernama Kong Djie Kopi. Kong Djie banyak cabangnya dan yang paling strategis ada di Jalan Sriwijaya, masih sekitar pusat kota.

Dan untuk mengenal lebih jauh soal kuliner yang ada di Belitung, akan dibahas di artikel yang berbeda, dengan judul  Kuliner : BELITONG.

Ada dua obyek wisata penting di Belitung yang akan menjadi sorotan utama penulis pada artikel ini yaitu :

  1. Belitung Timur
  2. Leebong Island

BELITUNG TIMUR

Belitung Timur terkenal karena dua figur : Laskar Pelangi dan Ahok. Buat yang udah pernah nonton film Laskar Pelangi pasti udah ga asing dengan bangunan sekolah seadanya SD Gantoeng dan pantai tanjung tinggi.

Lalu Ahok? Pasti lebih tau lagi 😀

Ahok atau bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama adalah mantan Bupati Belitung Timur thn 2009 dan kini (hingga artikel ini dipublikasikan) menjadi Gubernur DKI Jakarta thn 2014-2017, yang sebelumnya menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta di 2012-2014. Karena kepiawaiannya memimpin kota Jakarta dan berhasil membuat perubahan-perubahan penting dalam  kota Jakarta, Ahok diapresiasi oleh penduduk Belitung Timur dengan mendirikan Galeri Kampoeng Ahok, tepat di seberang kediaman keluarga besar Ahok.


LEEBONG ISLAND

 

leebong_island

Pulau ini termasuk obyek wisata terbaru pada 2016. Diresmikan pada medio April 2016, Leebong Island memiliki fasilitas yang sangat lengkap, diantaranya :

  1. Villa & Resort
  2. Lapangan sepakbola pantai
  3. Lapangan voli pantai
  4. Karaoke set
  5. Restoran, makan siang
  6. Gazebo-gazebo dan rumah pohon
  7. Tenda
  8. Gazebo tengah laut (Peninsula Beach)
  9. Perahu kano, papan surfing, sepeda, dll

 

Untuk ke pulau ini, patokannya adalah ke Pelabuhan Tanjung Ru. Nanti disana akan dijemput menggunakan perahu nelayan, cukup lega untuk ditempati 8-10 orang.

img_20161226_091035_hdr
Pelabuhan Tanjung Ru

Saat perjalanan ke pulau tersebut, kita akan disuguhi laut yang sangat jernih dan cetek, dengan dikelilingi hutan bakau alami.

img_20161226_102802_hdrbelitung-2016_161228_0025img_1260img_1279

Dan sebelum sampai ke Leebong, pastikan mampir ke Pulau Pasir terlebih dahulu. Pulau yg cuma selebar rumah ukuran 21, tapi sangat indah dan bersih, enak banget buat sekedar main-main air dan berenang. laut disekitarnya cuman sedalam kurang dari 100cm, jadi aman buat yang ga bisa berenang 😀

img_1264
Pulau Pasir

Segitu aja dulu ulasan tentang wisata di Belitung. Nantikan ulasan-ulasan wisata lainnya, hanya di Blog zerpandie.com.

I ♥ Belitong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s