Ide adalah butiran-butiran emas yang digali dan ditemukan oleh penambang. Setelah diolah dan dibentuk menjadi sebuah perhiasaan kalung, cincin dan bentuk lainnya, ide itu sudah berubah bentuk menjadi mahakarya.. masterpiece.. Sesuatu yang menjadi daya tarik bagi banyak orang. Menjadi pesona di dalam dunianya.

Mengolah bukanlah perkara mudah. Mengolah itu sederhananya butuh tenaga, waktu dan proses. Kalau kita mengolah sesuatu pasti yang diharapkan hasilnya baik, bagus, sesuai dengan harapan. Didalam proses pengolahan gak jarang apa yang kita hasilkan itu berbuah kegagalan. Entah itu tidak baguslah, kurang ini lah, kurang itu. Malah gak jarang pula hasilnya gatot atau gagal total. Mungkin gak akan jadi masalah bila hasil yang telah diolah berbuah kesuksesan. Tapi bila hasil yang diperoleh gagal, apa yang akan kamu lakukan?

Banyak diantara kita termasuk saya yang takut untuk mengekspresikan ide atau gagasan kita di depan orang. Takut memulai, enggan untuk mewujudkan atau merasa ide kita itu gak perlu diwujudkan. Untuk alasan pertama dan kedua mungkin masalahnya cuma kurang tekad dan motivasi aja kali ya wkwk. Tapi untuk alasan ketiga buat saya merupakan sebuah kesalahan vital yang patut kita sesali jika ternyata di masa yang akan datang kita membutuhkan ide itu untuk diwujudkan. Kesalahan terletak pada sifat kita yang menganggap sepele terhadap ide yang muncul dari pikiran atau ide yang lahir dari inspirasi–inspirasi. Image

Mengganggap sepele pada hal-hal yang kecil. Itu adalah kesalahan! Kita tidak pernah tahu apa yang bisa kita atau orang lain dapatkan ‘n rasakan bila kita tidak mencoba mewujudkan ide-ide kecil itu. Ide-ide yang aneh, pemikiran yang aneh dan liar juga kerap kita remehkan dan sepelekan. Tidak jarang kita membuang pikiran sejenis itu jauh-jauh supaya kita tidak dianggap aneh atau sarap oleh orang-orang sekitar kita. Saya memaklumi itu. Tapi apakah terlihat normal dan baik di lingkungan masyarakat supaya diterima dengan baik oleh mereka dengan menyembunyikan dan membuang jauh-jauh pemikiran atau gagasan yang aneh dan liar adalah solusi terbaik bagi kita dan orang banyak??

~ To be continued

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s